Menara Kembar Masjid Raya Bandung

Malam Minggu kali ini terasa membosankan sekali karena Manchester United tidak jadi datang ke Indonesia dan juga terjadinya Ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, Kuningan, Jaksel, yang mengakibatkan berantakannya rencana kongkow dengan teman. Namanya juga si apih harus punya ide untuk mengisi malam mingguan, nah saya putuskan untuk berkunjung ke Menara Kembar Masjid Raya Bandung saja, biar bisa melihat keadaan malam kota bandung.


Masjid Raya Bandung, yang terletak di alun-alun kota, jalan Masjid Agung nomor 14, makin dipadati pengunjung, tak hanya berasal dari dalam kota Bandung, namun ada juga yang dari luar daerah.

Kepentingannya tak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT, melainkan berwisata dan melepaskan kepenatan setelah lelah berjalan-jalan serta berbelanja di pertokoan dan mall-mall yang berada di sekitar kawasan Masjid.


Salah satu tujuan para pengunjung yaitu melihat keindahan kota Bandung melalui dua menara kembar. Para pengunjung antre untuk naik lift menara, per-orang untuk dewasa membayar Rp1.000, sedangkan anak-anak Rp500. Konsep menara Masjid menggunakan asmaul husna, yaitu dengan tinggi 99 meter, namun banyak pihak yang tidak menyetujui karena terlalu tinggi, sehingga diadakan perubahan konsep bahwa yang 99 meter adalah jarak antara menara satu dengan kedua.

Sejak menara difungsikan sebagai sarana wisata, SiApih kerap kali datang. bisa melihat keindahan kota Bandung dari atas menara, rasanya belum terasa afdhol jalan-jalan di Bandung kalau tidak datang ke Masjid Raya Bandung dan naik ke atas menara.

Masjid Raya Bandung, dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung, berada diantara pusat pertokoan dan mall-mall. Bahkan, King's Shopping Center yang dikenal masyarakat Bandung sebagai pusat perbelanjaan baju yang fashionable, gaul, ngetrend, trendi dan murah meriah berada di kawasan Masjid Raya Bandung. Selain itu ada pula pusat penjualan tas dan sepatu murah yang dikenal dengan nama Pasar Kembang. Sedangkan pusat perbelanjaan yang lain yaitu Matahari, Yogya Kepatihan, Ramayana, Adidas, dan masih banyak yang lain.


Setelah lelah berbelanja biasanya orang akan mencari tempat makan, banyak pilihan yang bisa dipilih, baik menu makanan fast food seperti Mc Donal, Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas, maupun menu makanan Jepang dan Sunda. Rumah makan Sunda yang biasanya dijadikan sasaran para pengunjung yaitu Ampera, dengan menu andalan ayam bakar, ayam goreng, sayur asam, dan otak-otak yang khas rasanya dan mengundang selera.

Karena berada di pusat kota, sehingga dilakukan pemugaran dan pelebaran total terhadap Masjid Raya Bandung. Taman kota yang dulunya ada di depan Masjid, dan dikenal sebagai tempat istirahat para pejalan, serta tempat sepasang kekasih memadu cinta, dihilangkan, sekarang berubah menjadi dua menara tinggi yang dijadikan sarana wisata baru yang menyenangkan masyarakat.


Pemugaran Masjid pertama kali pada saat pemerintahan Wiranatakusumah IV, tahun 1850 seiring digiatkannya pembangunan ibukota kabupaten, yaitu pembangunan kembali gedung kabupaten dan Masjid di alun-alun kota. Sebagai salah satu sarana wisata, alun-alun akhirnya dihilangkan dengan memperbesar masjid Raya Bandung, dengan konsep beribadah dan berwisata. Pengerjaan desain arsitekturnya dilakukan oleh arsitek-arsitek kenamaan di Indonesia, yaitu Ir H Keulman IAI, Ir Achmad Noeman IAI, dan Prof Ir Slamet Wirasanjaya, yang juga sebagai arsitek Masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam) Jawa Barat.


"Masjid Raya bandung dibuat lebih luas lagi, taman alun-alun yang dulu berada di luar bangunan Masjid, didesain berada di dalam lingkungan masjid, sehingga banyak manfaat yang diambil dari pendesainan ini, serta menghilangkan identitas taman alun-alun yang biasanya dijadikan tempat yang kurang bermanfaat.

Untuk Sobat yang kebetulan ada di bandung silakan mampir ke Menara Kembar Masjid Raya Bandung, saya jamin puas.

BUKU PANDUAN LENGKAP CARA CEPAT HAMIL, Untuk Pemesanan Klik Banner di Bawah Ini!!

Cara Cepat Hamil

Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 5 kali Bonus KONSULTASI GRATIS.

13 comments:

  1. Kalo ke bandung harus mampir nih,.. sukses selalu sahabaty

    ReplyDelete
  2. wah,sayang dl ke bandung g liat nich, cuma liat macet di dagu aja he he

    ReplyDelete
  3. @otto.. maksudnya DAGO kali bukan DAGU.. he..he.. oke sob bandung skrg dah punya menara kembar.. nyaingin petronasnya malaysia..

    ReplyDelete
  4. Tingginya menara jadi berapa, Kang ?
    Jadi bangunan asli Masjid Raya Bandung dibongkar total nih?
    Terus... alun-2 Bandung ada dimana sekarang ?
    BTW..., masjid dan menaranya keren juga..!!

    ReplyDelete
  5. berarti alun-alun bandung abis nih kang...,padahal 1994 aq paling demen nongkrong disitu sambil cuci mata...

    ReplyDelete
  6. tinggal kenangan alun2 bandung kayaknya..,tp mantab masjid na..

    ReplyDelete
  7. kapan saya bisa kabandung
    (ngarep mode on)
    hihihk
    cantik menara masjid na kang

    ReplyDelete
  8. Jalan ke masjid agung pake F1mclaren, parkir ambil wudhu, sholat,ngaji lalu Balap lagigh

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar, Spam terpaksa saya hapus