Gempa Ujung Kulon 6,4 Skala Richter

Gempa Ujung Kulon berkekuatan 6,4 SR terjadi sekitar pukul 17.00 dan lamanya sekitar 1 menit, Menurut sumber berita kejadian Gempa Ujung Kulon ini tidak sedahsyat Gempa di Padang Pariaman. Gempa Ujung Kulon ini terasa sampai Bandar Lampung selama 5 detik dan juga warga Jakarta di buatnya panik seperti yang terjadi di Gedung dirjen pajak Jakarta dimana karyawan berhamburan saat terjadinya gempa. Gempa Ujung Kulon yang terjadi belum ada laporan korban masih dalam pengecekan, kita tunggu saja laporannya mudah-mudah tidak memakan korban.

Dengan seringnya terjadi gempa sepertinya warga harus memikirkan bagaimana membuat bangunan yang tahan gempa sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya gempa di kemudian hari, seperti yang telah dilakukan oleh negara Jepang, untuk ahli konstruksi bangunan silakan membuat suatu komitment untuk mengatasi masalah gempa, karena sepertinya gempa di indonesia akhir-akhir ini sering terjadi.

Untuk kita renungkan, apakah karena bumi ini sudah tua sehingga sering terjadinya gesekan dan pergeseran di bawah tanah, atau indonesia hanya di lewati siklus gempa sehingga akhir-akhir ini sering terjadi, kita cuma bisa berdoa dan berusaha supaya tidak terjadi lagi gempa susulan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Banten, Eko Widyanto, memperkirakan gempa 6,4 skala richter yang terjadi di Ujung Kulon pada Jumat pukul 16.52 WIB itu karena adanya gerakan lempeng Indo Australia dan Euro Asia.

"Gempa yang cukup kuat ini dipicu pergerakan lempeng Indo Australia dan Euro Asia di wilayah Ujung Kulon, Selat Sunda berpusat di koordinat 1,79 Lintang Selatan (LS) dan 105 Bujur Timur (BT) atau sekitar 42 kilometer dari Ujung Kulon," kata Eko di Serang, Jumat.

Ia menambahkan, gempa dengan kekuatan 6,4 SR itu tidak berpotensi tsunami, dan dimungkinkan terjadi gempa susulan namun skalanya dibawah 6,4, dan hal itu disebabkan pergeseran lempengan saja.

Eko menghimbau kepada warga agar jangan panik menghadapi gempa yang terjadi di Ujungkulon ini, meskipun di daerah titik pusat terjadi gempa tersebut dilalui lempengan Indoa ustralia dan Euro Asia yang berpotensi tsunami.

Di kantor BMKG sendiri, dua petugas yang sedang jaga tak henti-hentinya mengangkat telpon dari warga, instansi pemerintahan dan dinas lainnya.

Bahkan, karena terlalu banyaknya yang menelpon, terpaksa membiarkan berdering.

Sementara itu bedasarkan pantauan, saat gempa terjadi dan beberapa menit sesudahnya sebagian warga Kota Serang panik, bahkan di pusat perbelanjaan Ramayana tidak sedikit yang berhamburan

Pemandangan itu pula terjadi di beberapa perkantoran di Serang dan rumah sakit, namun selang 15 menit situasi normal kembali.

BUKU PANDUAN LENGKAP CARA CEPAT HAMIL, Untuk Pemesanan Klik Banner di Bawah Ini!!

Cara Cepat Hamil

Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 5 kali Bonus KONSULTASI GRATIS.

2 comments:

  1. iyah neh mang td Sore kan aku teh Lagi di KING Orang2 pd ribut keluar ktnya ada Gempa...tp aku gak kerasa, wieh...Untung aja skalanya Kcl mdh2an aja Repupblik ini aman selalu yah mang, saling mendo'akan sajah lah...!!

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar, Spam terpaksa saya hapus