Gempa Maluku Berkekuatan 7.3 SR

Gempa Maluku yang berkekuatan 7.3 SR terjadi pada pukul 21.40 WIB pada tanggal 24 Oktober 2009, tetapi kejadian gempa ini tidak menimbulkan kerusakan infrastruktur dan korban luka luka, semoga saja kejadian gempa maluku ini adalah yang terakhir kali, jangan sampai indonesia mengalami lagi kejadian yang memberatkan beban masyarakat. Gempa yang mengguncang Maluku itu terjadi beberapa kali. Di antaranya berkekuatan 7,3 skala Richter di 6,23 Lintang Selatan-130,60 Bujur Timur Perairan Saumlaki dengan pusat gempa di kedalaman 165 kilometer. Dan gempa berkekuatan 5,3 skala Richter di 151 kilometer barat daya Tual, Maluku pada pukul 07.35 WIB.

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang perairan Saumlaki, Maluku pada pukul 21.40 WIB tadi malam tidak menimbulkan kerusakan infrastruktur, korban luka, maupun korban jiwa.

Menurut Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Rustam Pakaya, getaran masih terus terjadi di Maluku namun kondisi di sana tetap aman. "Tidak ada korban luka, jiwa, ataupun kerusakan (bangunan)," kata Rustam saat dihubungi Tempo, Minggu (25/10).

Gempa yang mengguncang Maluku itu terjadi beberapa kali. Di antaranya berkekuatan 7,3 skala Richter di 6,23 Lintang Selatan-130,60 Bujur Timur Perairan Saumlaki dengan pusat gempa di kedalaman 165 kilometer. Dan gempa berkekuatan 5,3 skala Richter di 151 kilometer barat daya Tual, Maluku pada pukul 07.35 WIB.

"Gempa terjadi di Maluku tenggara barat, Maluku tenggara barat daya, hingga Papua Barat, di kepala cendrawasih. Tapi Ambon sama sekali tidak berguncang," ujar Rustam. Meski gempa terjadi beberapa kali, Rustam menepis kemungkinan adanya tsunami.

Masyarakat sekitar, kata dia, sempat mengalami kepanikan. Karenanya sekitar 500 orang dari tim kesehatan di Ambon dan Pusat Krisis Regional Sulawesi Selatan telah bersiaga menghadapi kemungkinan jatuhnya korban gempa. Mereka akan langsung bergerak saat dibutuhkan.

Saat ini beberapa anggota tim telah melakukan pencarian kemungkinan adanya korban. "Hingga sekarang belum ada laporan korban gempa," ujar dia.

Meski getaran masih terasa, keadaan di Maluku telah kondusif. Masyarakat pun sudah kembali beraktivitas.

BUKU PANDUAN LENGKAP CARA CEPAT HAMIL, Untuk Pemesanan Klik Banner di Bawah Ini!!

Cara Cepat Hamil

Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 5 kali Bonus KONSULTASI GRATIS.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar, Spam terpaksa saya hapus