Menghayati Hari Raya Kurban

Hari Raya Kurban untuk tahun 2009 jatuh pada hari ini Jumat tanggal 27 Nopember 2009 dan KAUM Muslim mencatat tiap 10 Dzulhijjah umat Islam memperingati Hari Raya Kurban. Dzulhijjah adalah di antara bulan-bulan yang memiliki keutamaan tersendiri.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari-hari, di mana amalan saleh di dalamnya lebih dicintai Allah daripada (amalan saleh) di 10 hari pertama (bulan Dzulhijjah). Para Sahabat bertanya: Apakah termasuk jihad di jalan Allah? Beliau bersabda, Ya, termasuk jihad (yang dilakukan di luar 10 hari tsb), kecuali orang yang pergi (berjihad) dengan nyawa dan hartanya, dan dia tidak kembali lagi.

Di antara amalan saleh terpenting di bulan Dzulhijjah, selain ibadah haji adalah ibadah kurban. Berkenaan dengan fadilah kurban ini dapat kita simak hadits berikut ini: Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu? Rasulullah menjawab, "Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim."

Para Sahabat bertanya, "Apa keutamaan yang akan kami peroleh dengan qurban itu?" Rasulullah menjawab, "Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan." Mereka menjawab, "Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. ibn Majah).

Di samping itu, Rasulullah SAW juga bersabda, "Barangsiapa yang mempunyai kelapangan, namun tidak berkurban, maka janganlah sekali-kali mendekati tempat shalat kami" (sunan Ibn Majah, 3123)

Kurban dalam bahasa Arab berakar kata dari qaruba. Akar kata ini membentuk kata: qurb (dekat), taqarrub (mendekatkan diri), aqriba' (kerabat) dsb. Menurut para pakar bahasa Arab, kurban bermakna suatu sarana mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah (lihat: Ma'ani l-Qur'an).

Al-Mawardi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa kurban adalah amal kebajikan yang ditujukan menggapai Rahmat Allah. Sedangkan dalam Mu'jam Wasith kurban berarti segala bentuk amalan untuk ber-taqarrub kepada Allah, baik berupa penyembelihan maupun lainnya.

Pada hari raya ini, jutaan jemaah haji di Arafah tetap khusuk dan taqwa.Ratusan ribu jamaah haji, termasuk dari Indonesia yang sudah menempati tenda-tenda yang sudah disediakan oleh pemerintah Arab Saudi di Arafah, terpaksa hanya mengandalkan penerangan dari lampu penerangan jalan.

Menjelang subuh, atau pukul 09.00 Waktu Indonesia Bagian Barat, hari Kamis (26/11) para jemaah menjalankan rukun haji, yaitu wukuf di Arafah, yaitu, berdoa di Arafah pada 9 Dzulhizah (Kamis, 26 November).

Ini adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh para jamaah haji. Jika tidak dilakukan, maka hajinya tidak sah.

Setelah dari Arafah, atau hari Jumat (27/11), para jamaah haji akan melakukan tawaf ifadhah, yaitu mengelilingi ka'bah di Makkah sebanyak tujuh kali. Thawaf ini dilakukan setelah melempar jumlah Aqobah di Mina.

Pada hari Idul Adha ini, kaum Muslim melaksanakan kurban. Kaum Muslim berniat melaksanakan kurban pada Idul Adha 1431 Hijriah, maka pastikan kesehatan ternak yang akan disembelih. Tujuannya, agar para mustahiq aman mengkonsumsinya.

Kita berkhidmat di hari raya suci ini.

Dengan demikian hal terpenting dari ibadah kurban adalah sarana sebagai penggemblengan jiwa untuk lebih ber-taqarrub kepada Allah dan memperbaiki kualitas takwa dan amal sholeh kita di muka bumi.

Semoga kita semua termasuk kedalam kaum muslim yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Amin (inilah.com)

BUKU PANDUAN LENGKAP CARA CEPAT HAMIL, Untuk Pemesanan Klik Banner di Bawah Ini!!

Cara Cepat Hamil

Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 5 kali Bonus KONSULTASI GRATIS.

5 comments:

  1. kunjungan sore sahabatku, sebagai tambahan nih!?, link saya salah ntuh mas domainnya.. ini mas blog saya http://celebryti.blogspot.com/, oke ya mas.. mohon di robah tuh, link mas dah lama saya pasang.. terima kasih sahabatku!

    ReplyDelete
  2. selamat idul qurban pih.. semoga bagi para haji yang sedang menunaikan ibadah haji menjadi haji mabrur.. amin..

    ReplyDelete
  3. selamat hari idul adha pih.. semoga bagi yg berkurban ditambahkan rejekinya aminnn.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih saudaraku atas jalinannya, semoga dikau dan keluarga selalu dalam lindungan Allah Swt,amin. selamat hari raya idul adha saudaraku, sekalipun kita tidak pernah ketemu!?, tapi perasaan saya kita saudara, saudara se Iman, saudara sebangsa dan setanah air. semoga di hari raya idul adha ini tercipta sebuah kebahagian tersendiri dalam keluarga kita masing2.

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar, Spam terpaksa saya hapus